Jumat, 08 Mei 2015

MANFAAT SINGKONG

Siapa yang tidak kenal singkong (ubi kayu, ketela pohon) yang merupakan salah satu makanan pokok di tanah air terutama di Indonesia timur. Banyak jenis olahan singkong yang di gemari masyarakat. Singkong termasuk umbi-umbian dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Singkong menyediakan energi yang dibutuhkan sebagai bahan bakar, sebagai gaya hidup aktif.

Menambahkan singkong dalam makanan sehari-hari, dapat menawarkan manfaat kesehatan karena kandungan vitamin, mineral dan serat. tetapi singkong hanya di konsumsi setelah dimasak untuk menghindari paparan racun. Berikut ini beberapa kandungan sehat pada singkong 1), 2) :

Serat
Magnesium dan tembaga
Vitamin C dan folat
Saponin
Bebas Gluten
Manfaat Singkong Bagi Tubuh

Kandungan singkong yang baik mampu menjadikannya layak untuk dikonsumsi secara teratur. Beberapa diantaranya memiliki manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh, seperti di bawah ini 3) :

Singkong mengandung hampir dua kali lipat kalori daripada manfaat kentang, mungkin salah satu yang tertinggi untuk setiap umbi yang kaya pati. 100 gram singkong menyediakan 160 kalori. Kalori terutama berasal dari sukrosa, membentuk sebagian besar dalam umbi ini terhitung lebih dari 69% dari total gula. Gula kompleks amilosa lain adalah sumber karbohidrat utama (16-17%).
Singkong sangat rendah lemak dibandingkan dengan sereal atau kacang-kacangan. Meskipun demikian, ia memiliki lebih banyak protein daripada sumber makanan tropis lainnya seperti pada manfaat ubi, kentang dan pisang.
Seperti dalam akar dan umbi-umbian lainnya, singkong juga bebas dari gluten. Makanan yang bebas pati, banyak digunakan dalam persiapan makanan khusus untuk pasien penyakit celiac.
Selain singkong, daun muda yang lembut merupakan sumber protein dan vitamin K. Vitamin K-memiliki peran potensial dalam membangun massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteotrophic dalam tulang. Hal ini juga telah membentuk peran dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.
Singkong merupakan sumber moderat dari beberapa kelompok vitamin B-kompleks yang berharga. Seperti folat, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat.
Singkong adalah salah satu sumber utama dari beberapa mineral penting seperti seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan. Selain itu, singkong juga memiliki jumlah kalium yang cukup (271 mg per 100g atau 6% dari RDA). Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

Ini salah satu kerupuk hasi dari olahan singkong yang sangat menyehatkan dan enak. Kami menyediakan kerupuk mentah dan anda tinggal menggorengnya atau juga di olah sesuai selerah
Terbuat dari ubi kayu berkualitas menghasilkan kerupuk yang renyah dan nikmat. Minat silakan call. Harga Rp. 9.500/kg. Hp. 081263166683 pin BBM. 520C3AB4 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar